JAMUR TIRAM

MARI BERBISNIS JAMUR TIRAM....!!

Kamis, 09 Februari 2012

Bibit Jamur Tiram Putih

Bibit Jamur Tiram

  Dalam mengerjakan budidaya jamur tiram, hal yang harus kita perhatikan adalah memilih  bibit jamur tiram. Jika tidak mau repot dengan membuat bibit jamur tiram bisa juga dengan membeli bibit jamur. akan tetapi dalam membeli jamur harus diperhatikan kualitasnya. nah.. jika anda ingin mencoba membuat bibit jamur dibawah ini kami paparkan secara rinci cara membuat bibitnya :

Bibit Jamur Tiram F1

Proses yang pertama adalah pengambilan spora langsung dari indukan jamur/jamur dewasa. Suatu Jamur Tiram Putih dewasa mempunyai bilah-bilah atau sekat-sekat yang jumlahnya banyak. Di dalam bilah-bilah tersebut terdapat bagian yang disebut Basidia. Di ujung Basidia terdapat kantung yang berisi banyak spora atau disebut juga Basidiospore. Fungsi Spora adalah untuk berkembang biak.

Media yang biasa digunakan untuk menghasilkan kultur murni jamur konsumsi adalah Potatoes Dextrose Agar (PDA) yang dapat dibeli dalam bentuk siap pakai. Dari satu tabung bibit F1 bisa digunakan untuk usaha budidaya jamur tiram skala menengah.

Bibit Jamur Tiram F2

Bibit Jamur tiram F2 (di ebsite lain ada yang menyebutnya F1), F2 yang saya bahas di website ini merupakan hasil turunan dari bibit F1. Dari satu tabung F1 bisa diturunkan menjadi 60 botol bibit F2. Pembiakan tahap kedua bertujuan memperbanyak miselium jamur yang berasal dari biakan murni. Dari PDA dimasukkan ke media biji-bijian, bahannya berupa gandum, sorgum dan jagung. Kemasan yang digunakan botol.

Bibit Jamur Tiram F3

Dari bibit jamur tiram F2 diturunkan lagi menjadi bibit jamur tiram F3. media yang digunakan sama dengan yang digunakan pada F2. Pembiakan tahap ketiga ini juga bertujuan memperbanyak misellium dari bibit F2. Dari bibit jamur F3 nantinya bisa digunakan untuk pembibitan pada media tanam (baglog) menjadi 30 baglog.

Selamat mencoba membuat bibit jamur tiram dan lihat juga cara budidaya jarum tiram.

UNTUK INFORMASI PEMESANAN HUB. RIFALDI :081267056021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA